Rabu, 09 Maret 2016

Cara Membuat Kerajinan dari Tali Rafia

Kreasi Membuat Bunga Mawar Dari Tali Rafia


Diantara semua jenis bunga, Mawar yang paling sering dijadikan simbol keindahan. Karena keindahannya, mawar juga kerap mewakili kecantikan seorang wanita. Jadi, jangan heran kalau pria sering menjadikan bunga mawar sebagai hadiah spesial untuk wanita idamannya. :-D

Nah, untuk tutorial kali ini bagaimana kalau kita mencoba membuat mawar yang indah dengan menggunakan bahan sederhana. Selain bisa dipajang dirumah, sahabat VHERITA juga bisa menjadikannya sebagai kado sepesial untuk orang terkasih. ^^

Okey, langsung saja simak tutorialnya.

Bahan


- 2 macam Tali Rafia yang berbeda warna (sebagai contoh, gunakan tali warna merah dan hijau)
- Gunting
- Lidi sapu atau kawat yang lentur
- Lem

Cara Membuat Bunga Mawar


Untuk pembuatan bunga mawar ini kita bagi menjadi 3 bagian, dimulai dari mawarnya dulu, kemudian untuk daunnya, dan yang terakhir tangkainya.

A. Membuat Mawar

1. Ambil tali rafia warna merah, lalu potong dengan panjang sekitar 1 m. Kemudian salah satu ujungnya dibuat simpul seperti pada gambar berikut:


2. Buka dan lebarkan tali dari batas yang disimpul, sampai ke ujung tali. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:


3. Setelah dilebarkan, selanjutnya jepit simpul tali menggunakan ibu jari dan jari lunjuk, lalu tekuk tali. Saat melakukannya usahakan tali tetap melebar dan gunakan jari manis untuk membantu agar saat tali ditekuk tetap dalam keadaan melebar. Untuk jelasnya lihat gambar berikut:


4. Nah, sekarang gulung tali secara melingkar, dan jadikan simpul tali sebagai prosnya. Gulung tali sesuai kreasi sahabat VHERITA sehingga gulungannya berbentuk mawar. Ingat! jangan digulung semua, sisakan sedikit tali untuk diikat dengan simpul tali. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:


5. Bila sudah selesai, ikat bagian tali yang disisakan dengan bagian tali yang disimpulkan sebelumnya pada langkah pertama.

B. Membuat Daun

1. Ambil rafia warna hijau. sebelum dipotong, buka / lebarkan tali seperti yang dilakukan pada tali rafia merah sebelumnya. Kemudian potong talinya (ukurannya disesuaikan saja), dan tiap ujung tali dibuat runcing. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:


2. Tekuk dan lipat miring tali sehingga berbentuk huruf "V". Buat lagi sebanyak 3 buah. Untuk jelasnya lihat gambar berikut :


3. Gabungkan 3 buah daun yang telah dibuat dengan mawarnya. Hasilnya seperti gambar berikut:


C. Membuat Tangkai

1. Ambil lidi / kawat dengan panjang sesuai selera.

2. Bungkus lidi / kawat menggunakan tali rafia warna hijau, dengan cara tali rafia dililitkan ke seluruh bagian lidi / kawat. Untuk bagian atas lidi / kawat, lilitan tali harus agak tebal dibanding bagian bawah.

3. Buatkan daun sesuai kreasi, kemudian lekatkan di tangkai yang barusan kamu buat.

4. Nah, gabungkan tangkainya dengan mawarnya. Untuk hasil keseluruhan, lihat gambar berikut:


3 komentar:

  1. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    BalasHapus
  2. Mantap...tidak usah beli2 bunga lg.tinggal di bikin sendiri aza

    BalasHapus