Rabu, 09 Maret 2016

Efek Samping Menggunakan Softlens


Akibat Buruk Memakai Softlens Bagi Kesehatan Mata

Efek Samping Menggunakan Lensa Mata | Mata merupakan organ penglihatan yang diberikan oleh Allah SWT secara ‘cuma-cuma’. Dengan mata, kita bisa melihat apapun yang kita mau, kita bisa melinhat keindahan dan juga keburukan, semua bisa kita lihat.
Saat ini, banyak orang yang menggunakan kontak mata atau softlens untuk memperindah dan mempercantik mata juga sebagai pengganti kaca mata. Bisa berwarna biru cokelat atau warna menarik lainnya. Memang, dengan menggunakan kontak lensa mata kita menjadi lebih indah, bahkan orang akan terhanyut saat melihat mata kita, karena pandangan pertama adalah segalanya.

Efek Samping Menggunakan Lensa Mata

Nah, ternyata menggunakan softlens ini ada efek samping yang ditimbulkan. Nah, berikut ini adalah Efek Samping Menggunakan Lensa Mata yang kerap terjadi:

1. Iritasi

Iritasi
Efek samping yang pertama dari menggunakan soft lens adalah irirtasi, iritasi apat terjadi akibat debu atau perawatan serta kebersihan lensa kontak yang tidak terjaga dengan baik. Perhatikan kebersihan tangan sebelum mencuci kontak lensa biar steril, dan bawa tetes mata khusus softlens.

2. Infeksi Kornea

Kemudian, efek samping selanjutnya adalah infeksi, infeksi bakteri atau virus bahkan jamur ini terjadi karena membersihkan softlens yang tidak baik. Hal ini dapat mengakibatkan alergi pada mata dan terjadi infeksi kornea, maka dari itu, sering-sering cuci softlens dengan tangan yang sudah steril mengurangi kemungkinan terkena infeksi kornea.

3. Hypoxia

Selanutnya, efek sampingnya adalah hypoxia, silahkan lihat gambar di samping untuk lebih jelasnya. Kondisi dimana ukuran softlens bisa terlalu longgar atau kecil. Hal ini karena salah memilih kontak lens. Sebelum memilih kontak lens, pengguna harus mengetahui kadar air di matanya. Jika matanya memproduksi air yang cukup banyak, maka pilihlah softlens yang memiliki kadar air yang agak sedikit.

4. Softlens koyak

Softlens koyak di dalam mata, ini karena si pengguna softlens menggunakan soflens ketika tertidur, hal ini membuat softlens kekurangan oxygen dan bergerak-gerak dalam mata, bisa mengakibatkan pecah dalam mata. Lebih baik melepas softlens sebelum tidur, dan sebelum mencubit softlens lebih baik teteskan mata dengan tetes mata softlens biar tidak koyak.

5. Penyakit Edema

Kondisi mata dengan kelebihan cairan, dengan ciri – ciri mata berair dan merah, ketika melepas kontak lensa ad Krista d kornea mata dan pembuluh darah. Ini tanda-tanda mata mengalami kekurangan oxygen dan kelelahan sehingga pandangan menjadi kabur. Untuk pencegahan yaitu menambah oxygen, stop pemakaian kontak lensa sekarang juga.

6. Penyakit Blepharitis

Penyakit semacam peradangan kelopak mata, timbul karena ketidak cocokan antara kontak lensa dengan karakter mata. Gejalanya timbul kerak pada kelopak mata, pembuluh merah pada mata cukup jelas, dan kornea seperti terbakar. Bila terjadi, langsung mengompres mata dengan air hangat, dan memberi salep atau dengan obat antibiotik

7. Noda kornea

Penyakit rusaknya permukaan kornea d sebabkan karena kontak lensa yang terlampau ketat . gejalanya kekurangan oxygen, alergi / keracunan. Ini akan mengakibatkan mata sensitive terhadap cahaya, dan noda di kornea mata.
Bagaimana? Apakah anda masih mau pakai softlens? Pilihannya tergantung anda. Yang paling penting perhatikan kondisi kebersihan tangan, softlens, dan hal-hal lain yang sudah dijabarkan di atas agar anda dapat terhindar dari 7 Efek Samping Menggunakan Lensa Mata di atas, semoga bermanfaat, janga lupa bagikan juga dengan yang lainnya. Baca juga 5 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Panu Secara Alami

sumber;http://gejala.info/7-efek-samping-menggunakan-lensa-mata/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar