Rabu, 24 Februari 2016

Kuliner Negara Belanda



Makanan Khas Terlezat Belanda

Negara yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, Belanda. Belanda memang sudah menjadi bagian sejarah bangsa kita selama lebih dari 150 tahun. Namun saat ini saya tidak membahas mengenai sejarah hubungan antara Indonesia dengan Belanda. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah mengenai makanan khas Belanda. Makanan Belanda dipengaruhi oleh masakan Perancis Utara yang mana negara ini dulunya juga sempat menjajah Belanda. Masakan Belanda menjadi tiga bentuk umum berdasarkan daerah, yaitu masakan bagian timur dan utara, masakan bagian barat, dan masakan bagian barat. Tentu saja banyak sekali makanan – makanan khas yang terdapat di negara ini. Berikut  beberapa makanan terlezat khas Belanda.


Stamppot

Inilah makanan yang sering direkomendasikan kepada turis jika bertanya mengenai makanan khas negeri tersebut. makanan ini terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan ( mashed potatoes) dan di campur dengan beberapa sayuran seperti wortel, atau sayuran hijau lainnya seperti Boerenkool. Dihidangkan ketika panas bersama dengan sosis besar bernama Rookworst. Makanan ini biasanya disajikan saat musim dingin tiba.
Waterzooi

Makanan ini sangat direkomendasikan bagi anda yang suka kehangatan di saat hawa yang dingin. Makanan ini sering di hidangkan saat musim dingin. Waterzooi adalah semacam makan berbentuk soup. Pada awalnya makanan ini terbuat dari ikan, baik air tawar atau laut, mengingat daerah tutorialnya yang dekat dengan laut.  Namun sekarang ini, Waterzooi menggunakan bahan yang yang lebih mudah yaitu ayam. Bahan yang berubah ini turut merubah nama makanan ini menjadi kippenwaterzoi. Mengapa tidak menggunakan daging ikan lagi? Salah satu yang paling mudah diterima adalah sungai – sungai di Ghent, tempat asal Waterzooi dibuat sudah sangat tercemar, sehingga ikan – ikan disana pun menghilang. Seperti namanya, makanan ini adalah rebusan ayam atau ikan, dan dipadukan dengan berbagai macam jenis sayuran, seperti wortel, daun bawang, kentang, dan herba. Dan dimasukan juga telur, krim dan mentega. Makanan ini dapat anda dinikmati dengan Baguette, semacam roti tawar khas Belanda.
Herring

Makanan ini sudah ada sejak 6 abad yang lalu. Herring adalah sashimi ala Belanda. Sering ditemui saat musim panas, karena disaat seperti itulah ikan Herring boleh ditangkap. Makanan ini tidak sepenuhnya tanpa pengolahan. Setelah dtanggap, ikan ini dibersihkan dan dipotng baigan kepalanya kemudian dibekukan selama 24 jam.  Herring sangat lembut, terasa asin, namun sangat segar. Dalam penyajiannya, anda dapat memakannya secara langsung, ataupun dengan cara dibuat seperti sandwich.

sumber;http://www.berkuliah.com/2014/07/8-makanan-khas-terlezat-belanda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar