Rabu, 17 Februari 2016

Tips Dekorasi Pameran

Hampir semua convention centers memiliki penerangan gedung yang cukup bagus. Anda dapat mengandalkan penerangan booth anda pada sistem pencahayaan gedung tanpa menambah lampu di sekitar booth karena budget terbatas. Namun jika anda memiliki budget mencukupi untuk menambah pencahayaan, anda dapat menambahkan lampu-lampu spotlight dan lainnya di langit-langit gedung convention atau lokasi lainnya yang anda anggap pas. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pencahayaan yang baik dan mendukung interior design, dapat meningkatkan product dan brand awarenesskepada pameran anda secara signifikan. Investasikan dana dengan meminta arsitektur atau kontraktor pameran merancang booth anda dengan tata lampu/penerangan yang tepat.
kontraktor pameran

Kembangkan sebuah thema pameran untuk booth anda. Berikan pengalaman berbeda kepada pengunjung booth. Theme pada booth sangat erhuungan dengan produk dan strategi marketing dengan mempertimbangkan apa yang sedang trend di masyarakat. Pendekatan sosial yang cermat akan menentukan seberapa menarik sebuah theme pada masyarakat pengunjung pameran.

Gunakan bantuan multimedia monitor (Televisi monitor atau projector), poster atau gambar yang menarik. Juga jangan gunakan meja counter besar bekas pameran yang lalu (misalnya) demi alasan hemat biaya. Anda tentu tak ingin staff anda terlihat seperti orang kerdil di balik meja besar itu, kan?

Gunakan visual yang berpengaruh kuat dengan memakai design yang sesuai dengan tema pameran. Akan tetapi tetaplah ingat, jangan terlalu banyak menggunakan gambar besar di poster. Sisipkan kata-kata yang sesuai proporsi ukurannya, jangan terlalu berlebih atau terlalu kecil karena akan sulit terbaca dan terlewatkan. Posisi ideal minimal 90 centimeter. Jika terlalu rendah kemungkinan dapat  terhalang oleh display produk anda.

Gunakan kombinasi warna yang menarik, unik dan eye catching sehingga bisa stand out di arena pameran yang ramai. Bedakan kombinasi warna yang menarik dengan kombinasi warna yang norak. Penggunaan warna netral cenderung membuat booth anda 'tenggelam' di dalam keramaian.


Sebarkan flyers, brochures, product samples and give away di pintu masuk area pameran, tempat-tempat strategis dan di meja display, tujuan anda berpameran adalah untuk berinteraksi dengan pengunjung dan memberikan informasi detail dan pengalaman (experiential marketing) tentang produk anda. Maksimalkan peran standguide/stand promotion girls yang biasanya berdiri dan tersenyum manis sambil berusaha membagikan flyers atau brochures sebanyak banyaknya kepada pengunjung yang lewat.

Jika budget anda terbatas akan tetapi memiliki rencana untuk mengikuti beberapa pameran, berinvestasilah dengan membeli modular system. Ada beberapa modular system yang bisa dikostumasi bentuknya, atau diganti graphics-nya sehingga bisa memberi kesan bagus.

Tentu saja masih banyak tips lainnya, kombinasikan tips-tips sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

1 komentar:

  1. Terimakasih tips2 nya
    Perkenalkan kami dari perusahaan yang bergerak dlam penjualan alat support kantor seperti standing poster siap melayani kebutuhan anda

    BalasHapus